free counters

Monday, May 30, 2011

Tips Mengembangkan Otak Anda.

1. Gunakan atau Anda akan kehilangannya. Bila kita berbaring terus menerus, maka otot otot kita akan melemah dan berkurang terus. Demikian juga dengan otak kita. Kalau jarang dipakai (apalagi dalam kondisi brand new, harganya mahal....hei, entar dulu..., barang yang sering dipakai dan antik, harganya jauh lebih mahal dari yang baru.....jadi pakai terus aja otak kita....;-)). Penelitian menunjukkan, otak yang aktif meemperkecil kemungkinan kelainan kognitif, kepikunan, alzheimer pada tahapan lanjut usianya.


2. Memberi makan otak. Makanan terbaik otak adalah buah buahan dan sayuran segar yang memberikan anti oksidan, karbohidrat dan asam folfat. Juga diperlukan protein yang didapatkan dari telur, ikan, daging...(tapi jangan kebanyakan telur, nanti kolestelor...eh, kolesterolnya naik...plus bertambahnya populasi jerawat...). Lemak Omega 3 didapat dari minyak ikan. (ada juga telur Omega 3...ini gak ada hubungannya dengan Omega Siregar....milis member kita yang ceria..). Gula, alkohol, obat obatan dan lemak berdampak buruk buat otak, terutama dalam jumlah banyak. (juga bisa bikin mabok...plus sakit diabetes....plus ginjal)

3. Terus belajar. Belajar sendiri akan membantu mengembangkan otak, apapun topik pembelajarannya. Kita dapat belajar dari buku, VCD, DVD, internet, training, seminar, dari teman teman, dsb. (Menurut Pak Anthony Dio Martin, belajar, berpikir akan menambah jaringan neuron otak...).

4. Keragaman adalah bumbu hidup. Keragaman dalam pekerjaan, kegiatan pengisi waktu luang, hiburan, percakapan, perjalanan, kegiatan sosial dapat membantu merangsang dan melatih otak. Lakukan variasi dalam hidup termasuk melakukan yang tidak lazim, misalnya coba memakai tangan kiri untuk aktifitas yang biasanya dilakukan dengan tangan kanan. (tapi jangan berlaku yang aneh aneh ya, teman, nanti bisa dikira orstenggil/orstengwar....orang setengah gila/ waras...;-)).

5. Latihan fisik. Olahraga akan memperlancar aliran darah dan oksigen ke kepala. (otak yang beratnya hanya 2% dari tubuh kita, mengkonsumsi 20% oksigen....ini juga ada disinggung dalam buku saya nanti, MindWeb...;-)). Tidak suka olah raga...? Menari juga bagus loh....salsa, tango, dan menari bersama (poco poco juga okey ...), melatih koordinasi ritme, lengkah dan pergerakan disaat beraksi...

6. Tidur Nyenyak. Tidur membantu kesegaran otak, memperkuat dan memperbaiki daya ingat (tapi jangan molor terus terusan, nanti otot otaknya mengkerut.....). Penelitian di Kanada: pelajar yang mempersiapkan ujian dan tidur dengan cukup memperoleh nilai lebih tinggi, daripada yang begadang (kata Pak Martin: sistim SKS: sistim kebut semalam...;-))

7. Membaca. Aktifitas membaca sangat bagus untuk menambah pengetahuan dan merangsang otak. (kalau gak suka membaca, boleh juga dong dengerin CD pengetahuan...., bedanya cuma dikit, yang satu pakai mata, yang satunya pakai kuping...samanya banyak: sama sama akai otak...;-))

8. Mengingat. Berlatihlah menggunakan ingatan, latihlah memori setiap hari...dan kita akan melihat perkembangan kemampuannya.

9. Menggunakan angka. Cobalah menggunakan aritmatika mental setiap hari. Hindari kalkulator, usahakan menghitung diluar kepala, misalnya disaat menghitung kembalian belanja. Berlatihlah melakukan pertambahan, pengurangan, pengalian dan pembagian tanpa alat hitung. Ini amat berguna untuk otak.

10. Mendengarkan musik. Mendengarkan musik dapat mengembangkan dan merangsang bagian bagian otak, serta mengubah suasana hati. Ketika mendengarkan musik, bertanyalah pada diri sendiri:”Apa yang ingin disampaikan oleh pencipta lagu ini dan bagaimana dia menyampaikannya?”. Dengarkan kontribusi masing masing instrumen itu(yang ini juga ada didalam buku MindWeb, bukan menjiplak loh....) dan upaya sang komposer memadukan semua instrumen tadi. (gak ada hubungannya dengan madu lebah, ataupun (di) ‘madu’ lainnya...;-)).

11. Mempelajari bahasa asing. Bahasa yang kita gunakan membantu membentuk cara kerja pikiran kita. Mempelajari bahasa lain akan memperluas pikiran dan membantu kita untuk melihat sesuatu dengan cara baru. Tontonlah film berbahasa asing (ini, mah sudah sering....tapi.... masih baca teks Indonesianya...;-)), baca buku buku, koran berbahasa asing......kunjungi negara lain, yang memberikan tantangan dua kali lebih keras (maunya sih iya....kalau ada sponsor..apa mendingan nikah sama orang asing aja yah....? ;-))

12. Mengajar. Ada ungkapan:”Bila anda ingin memelajari sebuah bidang, maka ajarkan bidang itu”. Bagi seorang pemikir, mengajar menghadirkan sebuah tantangan intelektual dan pribadi yang besar.(intinya, mau sharing dengan orang lain....ilmu itu jangan dibekap sendiri aja, tapi dibagi kepada banyak orang....dijamin kita akan semakin pintar....;-))

13. Bergaul dengan orang cerdas. Habiskan waktu dengan orang yang cerdas, menarik dan menyenangkan, suka membaca, berwawasan luas, mampu mengungkapkan pendapat dengan baik, mampu menggali potensi orang lain, yang mempunyai pandangan yang berbeda, yang menentang opini kita. (tapi jangan habiskan beneran, waktunya...bisa bisa dipecat dari kerjaan...dan juga jangan salah artikan kata “gaul” disini...gak ada hubungannya dengan ‘gaul menggauli’...)

14. Bekerja sukarela. Melakukan pekerjaan sukarela akan menempatkan diri anda pada sebuah situasi berbeda, dimana Anda dapat membantu orang lain dan pada saat bersamaan belajar dari orang lain. (ini juga mengembangkan jiwa sosial kita....gak selalu mengharapkan imbalan....)

15. Menyanyi. Belajarlah menyanyi secara harmonis, dalam kelompok. Otak kita memerlukan latihan, tantangan dan rangsangan (bukan ‘rangsangan’ yang lain loh....;-)).Sumber : Milis HRExcellency

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More